Sunday, June 22, 2014

Penyebab Maag dan Cara Mengatasinya dengan Obat Maag Tradisional!



Maag atau disebut juga dengan istilah gastritis merupakan penyakit yang terjadi karena peningkatan asam pada lambung. Sakit maag ditandai dengan rasa perih dan nyeri di bagian perut dimana lambung berada. Untuk mengatasi maag banyak orang lebih memilih obat maag tradisional yang terpercaya akan keamanannya untuk tubuh. Obat jenis ini juga cenderung lebih mudah didapatkan, yakni penggunaan bahan herbal dari tanaman yang tumbuh di lingkungan sekitar.

Tidak semua tanaman memiliki khasiat sebagai obat maag tradisional, sebab pengobatan pada asam lambung membutuhkan bahan-bahan tertentu yang dimiliki oleh sebuah tanaman. Anda tidak perlu khawatir, sebab banyak tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat maag alami. sebelum memilih tanaman herbal sebaiknya anda mengetahui jenis maag yang anda derita, jenis maag yang umum terjadi di masyarakat kita adalah:


  •  Maag Ringan

  • Maag Sedang

  • Maag Akut (kronis)

  • Kanker Lambung.


Penyakit maag ternyata dapat berbuntut panjang menjadi penyakit yang mematikan, yakni kanker lambung. Hal ini terjadi karena peningkatan asam lambung yang terjadi cukup lama yang berlanjut kepada maag kronis namun tidak diambil tindakan pengobatan yang tepat. 


Hasilnya adalah semakin tumbuh pesatnya mikroorganisme Helycobacter Pylori yang membuat lambung menjadi terluka parah dan akhirnya bermetafase menjadi sel kanker. Bila sudah demikian keadaanya tentunya akan mencoba berbagai obat, termasuk obat maag tradisionalakut herbal.

Untuk informasi lebih detail sebelum membahas tanaman apa saja yang termasuk obat maag herbal. Ada baiknya kita mengetahui penyebab dari maag yang menimpa lambung kita:

Penyebab Maag  Yang Harus Diketahui


  • Konsumsi makanan tinggi kandungan minyak (misal : gorengan)
  • Konsumsi minuman yang mengandung kadar alkohol tinggi
  • Pola konsumsi yang tidak teratur atau sering terlambat

  • Mengalami insomia dan kelelahan
  • Sering dalam keadaan stres


Membiasakan hidup sehat adalah obat maag alami, atau bisa sebagai benteng agar maag tidak menyerang kita. Selain konsumsi makanan sehat dan bergizi, juga perlu mencukupi waktu istirahat sekaligus rutin melakukan olahraga. Sehinggga kadar asam lambung tidak meningkat dan berbuntut pada maag yang menyakitkan dan menganggu aktifitas.


Dua tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat maag tradisional adalah

1.       Kunyit

2.       Daun jambu biji
Daun jambu biji

Kedua bahan tersebut telah dikenal sejak dulu oleh masyarakat mampu meredakan gejala maag yang menyerang secara tiba-tiba. Kedua bahan tersebut tentunya sangat mudah didapatkan, baik di kebun sendiri maupun membeli di pasar tradisional dan supermarket. 

Cara pengolahannya juga sangat mudah dan sederhana, tidak terlalu repot dan cepat. Sehingga mampu mengobati dengan cepat pula sejenak setelah dikonsumsi.

Untuk tanaman kunyit, mengubahnya menjadi obat maag tradisional yang berkhasiat adalah dengan cara:
  1. Siapkan kunyit secukupnya, kemudian cuci hingga bersih 
  2.  Lalu parut kunyit yang ada, kemudian diseduh dengan air matang tidak perlu air panas
  3.  Diamkan larutan kunyit hingga ampas mengendap dan meninggalkan cairan kuning bening 
  4.  Minum air tersebut secara rutin setiap pagi atau saat maag menyerang.

Kandungan alami dari tanaman kunyit ini akan membuat maag anda mereda, untuk konsumsi harian pun sangat dianjurkan. Penggunaan bahan alami yang diproses secara manual ini tentunya bebas dari bahan kimia berbahaya. Sehingga sakit maag anda reda dan tidak menimbulkan komplikasi lainnya.

Sementara untuk mengolah daun jambu biji ialah:

  1. Gunakan 8 lembar daun jambu biji usahakan yang masih segar
  2. Kemudian rebus hingga mendidih dengan air 1,5 liter
  3. Minum secara teratur sehari 3 kali, setiap pagi, siang, dan sore
Bagi anda yang tidak menyukai rasa anyir dari kunyit bisa memilih air rebusan daun jambu biji ini sebagai obat maag alami. Sebab sama efektifnya dengan minuman dari sari kunyit di atas, penggunaan bahan herbal alami tentunya memiliki manfaat ganda. 

Pertama, bisa mebantu menyembuhkan maag yang sedang kumat secara efektif. 

Kedua, karena tidak mengandung campuran bahan kimia maka aman bagi lambung bahkan untuk konsumsi jangka panjang. Memilih obat maag tradisional dengan kedua bahan tersebut juga menghindarkan anda dari kemungkinan terkena kanker lambung!


No comments:

Post a Comment